Rabu, 30 Oktober 2013

KANKER PENIS


  Kanker penis merupakan suatu tumor ganas genital yang jarang dijumpai, akan tetapi dalam beberapa tahun ini tingkat insidennya semakin meningkat, sehingga dengan mengerti akan gejala kanker penis, dapat membantu dalam pengobatan dini kanker penis, agar perkembangan kanker tidak sampai pada stadium lanjut dan membahayakan nyawa. Oleh karena itu, apa saja gejala kanker penis?

  Gejala kanker penis

  1. Canceration stadium awal berupa penebalan pada kepala penis atau permukaan epitel kulup. Kebanyakan pasien kanker penis muncul gejala timbulnya papula, luka, kutil atau plak berbentuk kembang kol pada kepala penis, kemudian akan menjadi borok, tepiannya mengeras dan tidak rapi, ada rasa sakit tertusuk atau rasa sakit terbakar, ada sekresi nanah yang berbau busuk. Disaat kulit phimosis atau kulup tidak dapat dibalik, di seluruh kulup dapat disentuh dengan cermat, ada terasa benjolan atau nodul, bila ditekan ada rasa sakit pada bagian itu. Perubahan patologis kanker penis stadium awal banyak terlihat pada bagian belakang lingkaran setelah dikhitan.
  2. Perubahan patologis kanker penis stadium awal apabila tidak diatasi dengan baik, kondisi penyakit semakin berkembang, nodul berbentuk kutil semakin membesar atau luka yang semakin meluas, semakin mendalam, timbul gejala kulup semakin menipis, bersinar (tembus pandang). Benjolan atau tepian luka mucul keluar dibagian kulup. Kemudian kanker akan memecah kulup, muncul benjolan seperti kembang kol atau luka kanker, dengan disertai sekresi berbau busuk. Tumor stadium lanjut terus berkembang sehingga menyerang seluruh penis dan korpus spongiosum. Distal penis dikarenakan suplai darah yang kurang sehingga menyebabkan nekrosis, mengelupas dan nyeri lokal yang tak tertahankan. Infiltrasi pada korpus spongiosum dapat menyebabkan rasa sakit pada saat kencing, tidak lancar bahkan retensi urin atau fistula urin.
  3. Pembengkakan kelenjar getah bening inguinal, dapat disebabkan oleh invasi sel kanker, juga dapat disebabkan oleh infeksi. Pasien kanker penis pada saat memeriksakan diri, umumnya telah terjadi pembengkakan kelenjar getah bening inguinal, tetapi kebanyakan merupakan akibat terjadi kanker penis bersamaan dengan infeksi lokal, hanya sejumlah kecil yang disebabkan oleh metastasis tumor.
  4. Pada saat terdapat metastase jarak jauh bisa muncul gejala yang terkait dengan bagian metastase dan seluruh badan kurus, anemia, kehilangan nafsu makan dan gejala lainnya.
  Bagian-bagian yang di atas merupakan pengenalan gejala kanker penis stadium awal, kami percaya saat ini anda telah mengerti lebih jauh, ahli Rumah Sakit Modern Cancer Guangzhou mengingatkan, di saat anda menemukan gejala yang disebutkan di atas, anda harus lebih waspada akan kanker penis, demi menghindari keterlambatan diagnosis dan pengobatan. Kanker penis stadium awal dengan melalui metode pengobatan yang efektif, dapat secara jelas meningkatkan hasil pengobatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar