Kamis, 24 Oktober 2013

PENINGALAN KERAJAAN SIAK

Isi-isi peningalan kerajaan siak
Kerajaan siak merupakan kerajaan yang tertua di siak ,tahun berdirinya lebih kurang pada tahun 1898 di istanaa ini banyak peningalan-peningalan kerajaan dari zaman berdiri sampai sekarang dan peningalan ini kami jelaskan sebagai berikut:

1.GENDANG NOBAT
Gendang yang di bunyikan pada penobatan sultan kerajaan sejak tahun pertama yaitu tahun 1723 baju gendang ini berwarna kuning yang bias dig anti bila sudah di pakai beberapa hari.
2. LAMBANG KERAJAAN SIAK
Muhammad bertangkup nama nya lambing kerajaan siak sri indrapura ,berwarna emas di sisi kiri serta kana ada lambing naga yang di tengah-tengah nya merupakan lambing dan kota siak sri indrapura
3.PATUNG RAJA DAN PRAJURI-PRAJURITNYA
Patung ini di ibarat kan sebagai pada zaman sultan –sultan tersebut mengadakan musawarah bersama prajurit dan penasehat-penasehat kerajaan
4. FOTO RAJA SULTAN SYARIF HASYIM (sultan siak ke XI)
Poto sultan assyaidis syarif hasyim abdul jalil saifudin(Sultan siak ke II bersama sultan dan daerah langkat ,dimana patung tersebut berwarna putih cemelang dan dilapisi oleh kaca.
5. PATUNG SULTAN SYARIF HASYIM
Patung sultan ini adalah buatan dari Negara jerman yang di buat dari batu pualam pada tahun 1899, patung ini mirip sekali dengan aslinya
6. KAIN SAMPUL GENDANG NOBAT
Kain ini sebagai ganti kain (baju gendang nobat),yang berwarna kuning
7. SURAT-SURAT
Contoh surat-surat ucapan dan selamat beserta doa restu yang di buat dari hamba rakyat dan semua sultan .
8. CANANG
Bentuknya bulat dan berwarna hitam ,konon katanya canang ini di gunakan untuk tempat air,yang di letak kan di luar(di halaman istana)guna untuk mencuci kaki ,yang ciduk nya terbuat dari tempurung kelapa.
9. PECAH BELAH
Barang pecah belah ini terbuat dari kristal, yang dulu belum pecah, sekarang telah terpecah –pecah , pecah belah ini dulu berupa lampu hias yang di gantung, atas langit- langit kerajaan.
10. GELAS ATAU SELOKA
Terbuat dari kristal-kristal yang merupakan pesanan dari eropa pada tahun 1889- gelas ini dulu digunakan untuk minum para raja dan sultan sultan ,serta semua orang yang berada di istana siak pada zaman dahulu.
11. AL-QURAN
Alquran ini berasal dari Negara istambul dari tahun 1730 dari turki .aquran ini bentuknya berbeda dengan alquran yang sering kita pakai itu atau kita gunakan.
12. GERAMPON
Merupakan alat musik yang terbuat dari piring hitam dan bertingkat ingkat, dan di atasnya terdapat alat mirip terompet.
13. TEKO
Teko alat ceret kristal yang di gunakan untuk tempat air putih , teko ini di gunakan pada saat acara perjamuan dan makan malam.
14. KELALANG
Tempat air yang terbuat dari bahan- bahan kristal , air yang di letakkan di dalam kelalang tersebut adalah air bunga mawar.
15. BINTAN DAN PENGHARGAAN
Merupakan bintang dan penghargaan pahlawan nasional sultan syrifkasyim dari perisiden republic Indonesia.
16. BUNGGA
Bunga kerajaan ini merupaka hasil kerajinan tenaga putra putrid yang berada di kerajaan siak pada tahun 1920.
17. MEJA DAN KURSI BERSERTA MAHKOTA
Seperangkat meja dan kursi terbuat dari kristal sebangasa tempat jamuan dan menerima putrid –putri kerajaan siak sri indrapura, sedangkan mahkota ini merupakan mahkota raja yang di pakai masa pemerintahan.

18. CERMIN
Cermin ini terbuat dari kristal, merupakan cermin permai suri, dulu kata orang siapa yang berkaca di cermin ini muka nya akan menjadi awet muda.
19. PATUNG
Patung ini terbuat dari perunggu dan bahan kuningan, patunhg ini bernama patung WILHELMINA.
20. TANGGA NAIK TANGGA TURUN
Jumlah tangga ini berjumlah 36 tetapi kata orang dulu siapa yang menghitungnya tidak akan bias dan siapa yang salah naik, tangga turun utuk naik dan sebaliknya orang itu kan mutar –mutar di tangga tersebut tidak bias kembali.
21. KURSI
Tempat menunggu tamu pada zaman dahulu yang letakanya di tengah dan di antara bagian depan dan bagian jalan kebelakang istana kerajaan.

22. LEMARI BESI
Lemari ini berisi sebagian arsip-arsip peningalan kerajaan assrayah al-hsyimiyah dari zaman dahulu sampai sekarang yang Cuma tinggal beberapa arsip.
23. LEMARI
Lemari ini merupakan lemari bofet yang terbuat dari kayu jati yang di atas lacinya terdapat meja dan sebuah kaca yang besar.
24. CINDERAMATA
Cinderamata ini merupakan bahan-bahan dari eropa dan merupakan cinderamata dari Negara eropa.
25. LAMPU HIYASAN
Lamu ini dari dulu memang sudah di gantung di atas langit-langit lampu ini sangat terang bila malam hari.
26. KOMET
Merupakan music grampon piring nya terbuat dari baja yang terdiri dari musik-musik instrument clasik jerman abad ke VIII ciptaan komponis terkenal bet hoveen ,Mozart dan traves di bawa oleh sultan siak ke XI.
27. KERANG
Cinderamata kerang laut,kerang laut ini merupakan persembahan dari para rakyat siak pada zaman dahulu.
28. LILIN LEBAH
Lilin ini bentuk nya seperti batu berbentuk persegi panjang berwarna putih.
29. POTO POTO KERAJAAN
Poto-poto di kerajaan ,tepatnya di lantai dua merupakan poto keluarga-keluarga sultan kerajaan siak sri indrapura,.
30. BAJU
Baju kebesaran raja atau sultan yang menjabat pada waktu itu mengunakan baju ini berwarna hitam ,kancing nya berwarna kuning emas.
31. MEJA
Meja ini merupakan meja yang bias di lipat seperti kain letaknya di dekat ruanggan kursi emas ,meja nya bagus lho.
32. KURSI EMAS
Kursi ini terbuat dari emas kursi ini di gunakan raja pada saat memerintah kerajaan sebagai tempatkebesaran ,kursi ini tidak boleh di duduk .
33. MEJA BERSERTA KURSI
Terletak di depan kursi emas dan komet meja ini di gunakan untuk mengadakan rapat-rapat kerajaan pada zaman dulu .
34. POTO
Poto ini merupakan poto raja sultan sarif kasim (sultan siak keXII) dan permai surinya,yaitu tengku agung sultana latifah pada waktu pernikahan
selain peningalan kerajaan siak ,kami juga mencantumkan peningalan dan sultan assyidi sarif hasyim abdul jalil saifudin (sultan siak ke XI) yaitu :
1. bab-alkawa`id
pintu segala pegangan ,yaitu semacam “konsitisi”dari kerajaan siak sri indrapura.atas dasar ini maka kerajaan siak sri indrapura adalah kerajaan yang berbentuk monarchi contitumona”
2. istana assyariah al-hasyimiah
sultan sarif kasim membangun istana kerajaan pada tahun 1893 untuk kepentingan jalan nya pemerintahan kerajaan siak sri indra pura.
3. Balainang sari
Di samping membangun istana ,sultan juga mendirikan balainung sari di sebut juga “balai kerapatan tinggi” ke tiga karya monumental ini merupakan bukti tentang kebesaran dan kesejahteraan kerajaan berserta rakyatnya
Pemerintah sultan ini berlangsung selama sembilan belas bulan dan hasil yang di capainya untuk kepentingan kerajaan dan kemakmuran rakyat-rakyat cukup banyak.pada tahun 1808 beliau mangkat di singapura dan di makam kan di koto tinggi (siak sri indrapura) di beri gelar mahrum bahginda.

PENGETAHUAN
Sebenarnya masih banyak peningalan-peningalan kerajaan siak sri indrapura ,tapi banyak di pindahkan ke museum jakarta , wow jauh amat!!!
Oh ya kata penjaga di bawah istana itu ada trowongan yang tidak kita bias masuk kita akan sampai ke daerah aceh ,keren kan !!! tapi itu hanya orang-orang tertentu saja yang bias masuk.
Katanya penjaga istana di situ pada waktu malam hari patung burung elangnya tersebut hidup .ngeri juga ya !!!

KATA PENUTUP
Demikian makalah yang kami buat kami sebagai tim penyusun mohon maaf bila terdapat kekurangan dalam makalah ini
Kritik dan saran yang membangun sangat kami perlukan dari berbagai pihak ….
Demikian terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar